SELAMAT DATANG DI BLOG TUGAS PEMBELAJARANKU SELAMA MASA KARANTINA INI

Minggu, 05 April 2020

IPA MENGATASI MASALAH YANG TERJADI DI INDONESIA SAAT IN


 ILMU PENGETAHUAN ALAM

Tanggal : 27 Maret 2020
Nama : Alya Rahma Febriani
Kelas : IX.E




1.      Mengidentifikasi satu masalah yang terjadi di Indonesia saat ini yaitu kekurangan ADP dan tidak meratanya pemberian APD beserta ide/cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Jawab :
a.       Pada artikel pertama diidentifikasi bahwa di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara mengalami kekurangan ADP ( Alat Pelindung Diri ). Mungkin hal ini bisa terjaadi karena, pemerintah lebih memprioritaskan daerah yang lebih banyak terdapat kasus virus corona. Memang harus lebih memprioritaskan daerah yang lebih banyak kasus, tetapi bukan berarti daerah yang belum banyak terdapat kasus ini mengalami tidak meratanya pembagian ADP. Jika di salah satu daerah mengalami krisis ADP, maka dampak yang akan ditimbulkan akan semakin besar pula. Tenaga kesehatan di wilayah tersebut sangat berisiko terpapar Covid 19 yang akhirnya bisa membuat mereka sakit sehingga tidak bisa lanjut mengobati mereka yang terpapar. Risiko lainnya adalah menambah korban jiwa.

Nah, saat saya sedang mencari artikel. Saya melihat artikel yang memberitahukan bahwa  ada seorang difabel yang ingin menciptakan kesempatan kerja dengan kontribusi teman-teman difabel dalam merespons keadaan darurat. Mereka didampingi oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah. Sebelum ADP dikirim ADP disemprotkan dengan carina cairan disinfektan supaya steril. Mungkin dengan adanya simpati masyarakat terkhususnya para difabel yang membuat ADP, bisa membantu para tenaga medis yang kekurangan alat perlindungan tersebut. Selain itu, secara tidak langsung juga mereka menciptakan kesempatan kerja dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk mengikuti jejak mereka.



2.     Masalah selanjutnya yang terjadi di Indonesia diidentifikasi bahwa adanya krisis hand sanitizer di beberapa daerah. Mungkin hal itu bisa terjadi karena masih banyak masyarakat yang menimbun hand sanitizer untuk kepentingan pribadi tanpa memperdulikan orang – orang yang lebih membutuhkan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi krisisnya hand sanitizer salah satunya dengan membuat sendiri hand sanitizer dirumah.
Bahan – bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan, antara lain :
1.     Alkohol jenis Isopropil maupun Ethyl yang mampu membersihkan tangan dari kuman. Setidaknya dalam hand sanitizer harus mengandung 60% alcohol. Akan tetapi, menggunakan alcohol secara langsung ke kulit, berisiko membuat kulit kering sehingga kalian dapat menambahkan bahan yang kedua.
2.     Moisturizer,  zat pelembut seperti aloe vera gel yang dijual di minimarket ataupun toko kecantikan. Perbandingan bahan – bahan yang digunakan yakni, 2/3 gelas alcohol isopropil 90% dengan 1/3 gelas aloe vera gel. Tambahkan 10 tetes minyak aromaterapi untuk menambahkan aroma harum.
3.     Minyak esensial dan vitamin E, karena bahan utama pembuatan hand sanitizer adalah alcohol sebagai antiseptic. Maka, dianjurkan untuk menambahkan minyak esensial dan vitamin E untuk menutrisi kulit yang kering terkena alcohol.



c.      Daftar Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar